Jumat, 25 Februari 2011

STRATEGI MENJADI MARKET LIDER



Menjadi market leader(pemimpin pasar), tentu menjadi mimpi terbesar bagi para pelaku bisnis dalammemasarkan produk. Tidak sedikit dari mereka bahkan rela mengeluarkan budget untuk biaya pemasaran yang cukup besar, tujuannya jelas, agar mimpi menguasai pasar bisa tercapai. Meskipun begitu, untuk menjadi seorang market leader tidak semudahmembalik telapak tangan. Dibutuhkan perjuangan keras dan waktu yang cukup lama untuk bisa berhasil menanamkan image sebuah produk di hati para konsumen.
Jika saat ini produk leader seperti Indomie, Aqua, Rinso, Pepsodent, serta Coca-cola telah berhasil melenggang bebas sebagai pemimpin di bidang bisnisnya masing-masing. Itu semua tidak terlepas dari perjuangan para pendiri dan timnya yang memiliki tekad kuat dan strategi bisnisyang jitu untuk menghadapi ketatnya persaingan pasar. Jadi, tidak heran jika kerja keras mereka  berhasil mengantarkan bisnisnya menjadi perusahaan besar yang menjadi panutan para pesaing, dan memiliki pangsa pasar terbesar dibidangnya. Tentu Anda juga tertarik menjadi market leader bukan? Lalu, bagaimana caranya berhasil menjadi market leader di bidang bisnis Anda?
Berikut kami informasikan beberapa strategi yang bisa dijalankan :
1. Ciptakan produk yang inovatif
Sebagian besar merek produk yang sekarang sukses menjadi market leader di pasaran adalah produk-produk yang menawarkan inovasi baru pada konsumennya. Baik inovasi dari jenis produknya, inovasi dalam proses produksinya, maupun inovasi pada strategi pemasarannya. Jadilah inovator di bidang Anda, karena semakin inovatif produk yang Anda tawarkan, maka semakin besar pula peluang pasar yang Anda ciptakan.
2. Jadilah solusi terbaik bagi konsumen
Untuk bisa menjadi pemimpin pasar, sebaiknya tawarkan sebuah keunggulan yang menjadi solusi bagi para konsumen. Tentukan terlebih dahulu solusi yang akan Anda tawarkan pada para konsumen. Selanjutnya fokuslah untuk mengembangkan keunggulan tersebut, hingga produk Anda bisa digunakan masyarakat sesering mungkin dan menjadi satu-satunya solusi terbaik bagi para konsumen.
3. Perhatikan kelancaran distribusi produk
Kelancaran distribusi produk menjadi langkah penting bagi Anda untuk mengusai pasar. Usahakan agar produk Anda bisa diditribusikan hingga ke berbagai daerah, dari mulai wilayah perkotaan sampai daerah pedesaan. Biasanya perusahaan yang menjadi market leader, selalu mengupayakan produknya bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. Oleh karena itu, pastikan produk Anda dapat diperoleh konsumen dengan mudah di berbagai daerah.
4. Tambahkan nilai lebih
Sebagai market leader, tentu Anda harus menjaga dan meningkatkan kualitas produk maupun pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Besarnya peluang pasar yang berhasil Anda ciptakan, memungkinkan para follower tertarik mengikuti kesuksesan Anda. Sehingga resiko yang paling sering Anda hadapi sebagai market leader yaitu banyaknya pesaing yang menduplikasi atau membuat produk sejenis dengan produk Anda. Karena itu, tambahkan nilai lebih pada produk Anda secara berkala, agar konsumen tidak pernah bosan dengan produk Anda, sekaligus memperkecil peluang para pesaing untuk mengikuti perkembangan produk-produk Anda.
5. Lakukan strategi pemasaran melalui pendekatan konsumen
Tidak bisa sipungkiri bahwa keberadaan konsumen sangatlah penting bagi pemasaran bisnis Anda. Jadi, sebisa mungkin gunakan strategi pemasaran yang bisa mendekatkan produk Anda dengan konsumen. Misalnya saja dengan mengadakan kegiatan promosi produk yang melibatkan konsumen secara langsung. Dengan begitu konsumen memiliki ikatan yang lebih kuat dengan produk Anda, dan loyalitas konsumenpun semakin terjaga.
Keberhasilan Anda menjadi market leader di bidang bisnis yang sedang digeluti, membukakan berjuta peluang bagi bisnis Anda untuk mengembangkan pasar dan mencapai kesuksesan. Semoga sedikit informasi strategi menjadi market leader, bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu pelaku usaha yang sedang kesulitan memasarkan bisnisnya. Salam sukses.
Sumber gambar : http://www.buildnewbusiness.net/be-a-leader-in-your-market.gif dan http://www.surfmobee.com/wp-content/uploads/2010/05/podium.jpg
Reaksi:

0 komentar :